Danlanal Maumere Hadiri Peresmian Pangkalan TNI AL Labuan Bajo

- 22 Juli 2021, 16:43 WIB
Upacara peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo
Upacara peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo /Foto : istimewa

MEDIA KUPANG - Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M. Tr. Hanla., M.M., CTMP., menghadiri acara peresmian Lanal Labuan Bajo, pada Kamis, 22 Juli 2021.

Sebelumnya, Lanal Labuan Bajo merupakan sebuah Pangkalan TNI AL dengan nama Pos Angkatan Laut (Posal) dan masuk dibawah jajaran Lanal Maumere. Hingga kemudian dinaikkan statusnya menjadi Lanal Labuan Bajo.

Bertempat di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Lanal Labuan Bajo akhirnya diresmikan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang, Laksamana Pertama TNI, IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., pada Kamis, 22 Juli 2021.

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi TNI AL, Atlet Dayung PON XX Papua Turut Berpartisipasi

Peresmian Lanal Labuan Bajo merupakan salah satu langkah strategis pada Organisasi dan Prosedur (Orgaspros) sebagai Maximum Essential Force (MEF), dalam pengembangan organisasi TNI AL sebagai unsur kekuatan TNI AL, demi mendukung Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Dimana, pasukan Marinir, pesawat udara, dan pangkalan yang terintegrasi dalam SSAT, merupakan sebuah keunggulan khas yang dimiliki oleh TNI AL.

Hal itu juga senada dengan Program Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam pengembangan TNI AL ke depannya. Yang mana, dituntut untuk lebih mengutamakan pertahanan, keamanan serta keselamatan Bangsa Indonesia sebagai penegakkan hukum di laut.

Baca Juga: Dua Tersangka Penyelundupan Rokok ke Timor Leste Terancam Bui Maksimal 10 Tahun

Dengan diresmikannya Lanal Labuan Bajo tersebut, membuat kekuatan sistem pertahanan pada wilayah perairan Flores yang tergabung dalam jajaran Lantamal VII Kupang yakni, Lanal Mataram, Lanal Maumere, Lanal Pulau Rote dan Lanal Labuan Bajo, semakin bertambah.***

Editor: Eryck S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x